AGAMA · CORATCORETCARUT

Agama (Islam) ituuuu…..

agamaaaaa

Ini pendapat pribadi saya saja kok, agama itu mengenai “privacy”, karena yang saya yakini dan saya ketahui di dalam Alqur’an (saya lupa surat apa ayat ke berapa tuh….) sudah jelas kok ” bahwa tidak ada paksaan dalam agama”.

Artinya Allah tidak mengharuskan beragamakah kita, atau harus beragama Islamkah kita, atau harus bermadzhab apakah kita, Syafi’i, Hanafi, Hambali, Maliki, Ja’fari, liberal atau Wahabi sekalipun, BEBAS !!!

Sebenarnya tujuan manusia punya agama itu kan sebagai pemberi petunjuk bagi manusia itu sendiri (petunjuk disini artinya sangat luas dong), nah dengan kekuatan petunjuk agama tersebut maka akan menuju ke tuhan.

Jadi agama itu sebenarnya sih sebagai perantara atau jembatan manusia untuk merealisasikan tujuan mulianya menuju tuhan. Nah kalau seandainya manusia tidak berpegang pada agama, maka tidak masalah pada kekuatan ruh agama (secara global) kalau secara awamnya tuhan juga tidak rugi kalo manusia gak punya agama atau tuhan juga gak rugi kok kalo gak disembah. Jadi kalau kita berpikir secara atheis agama itu sebenarnya cuma sebagai identitas lahirnya saja, itu untuk atheis looooh.

Nah kalau kita sebagai muslim, agama itu sebagai jalan kebenaran dan keselamatan. Agama sebagai jalan menyampaikan pada tujuan dan kesempurnaan realitas wujud yang paling tinggi (maksudnya akhirat….).

Agama sebagai rantai dan penyambung antara Alam fana dan Alam Baqa untuk keabadian (nah looo berbau sufi nih !!), agama sebagai pengobat rasa takut, bagian penting dari hidup yang merubah ketakutan akan mati pada manusia menjadikannya sebagai sebuah harapan kehidupan yang abadi (Cia elaaa).

Artinya agama itu yang membantu tugas manusia untuk  keselamatannya….dunia dan akhirat. Itu kan dilihat dari prespektif agama-manusia-tuhan.

Kalo dari prespektif agama-manusia-manusia, yah terserah kita mau menganut agama apa ? Islam, Kristen, Yahudi, Atheis,  Kejawen, Ahmadiyah…..Lakum diinukum wa liya diin. Untukku agamaku untukmu agamamu ya gak ?

Masalah bener atau gak bener, sesat atau tidak sesat kita sendiri yang menanggung, itukan masalah iman, dan kualitas iman hanya Allah yang tau, dan manusia TIDAK ADA HAK menilai sesat-tidak sesatnya seseorang.

Permasalahannya, bagaimana dengan pemaksaan pemahaman, madzhab, aliran atau apalah itu, saling sesat-menyesatkan, kafir-mengkafirkan ?

Kalau dilihat fiqih, syariat, dan aqidah gak jauh bedakan ? GAK JAUH BEDA !!! Kalaupun ada ya paling hanya seputar masalah kepemimpinan, dalil yang tidak sama dan sebagainya. Karena masing-masing paham/madzhab/aliran punya dalil yang dianggap benar, sah, kenapa tidak dicari kesamaannya  saja sih ?

Disanalah yang harus dituntut sebagai seorang Muslim. Jadilah Muslim yang Cerdas, jangan mau “diobok-obok” oleh ustadznya yang hanya memaksakan egoisme pendapatnya. Begitu juga dengan ustadz/habib/kiayi, jadilah ulama yang bijak tanpa memaksakan egonya kepada umat.

Islam itu agama Rahmatan lil Alamin, agama yang oleh Rasulullah disebarkan dengan kedamaian, dan keindahan AQIDAH/AKHLAK-nya. Tapi kenapa siiiih harus ekstrem ???? Harus brutal ???? Bar bar ????

Yah gak tau deh, mungkin ada islam garis keras dan islam aliran halus (hantu kali aluuus). Saya rasa yang garis keras itulah yang pemahamannya harus dilurusin. Masalahnya mereka hanya bisa MENGAJI bukan MENGAJI YANG MENGKAJI gitu loh.

Ada benarnya juga jika kita lebih mendahulukan akhlak diatas fiqih (istilah Jalaludin Rahmat) artinya kalau akhlak itukan luas, orang tidak punya definisi lain mengenai akhlak, akhlak menurut madzhab Syafii, Maliki, Hanbali atau Setani atau apapun pasti samakan ???? jika kita baik dengan orang lain tentunya orang lain juga akan baik dengan kita dan merasa senang.

Ngomongin FIQIH bla-bla-bla, semuanya merasa benar ???? Madzhab ini paling benar, yang itu sesat, ikutan Wahabi pasti benar, yang lain kafir…..bla…bla….bla…bla……Jangan-jangan ORANG YANG BERMADZHAB ITU KURANG CERDAS. Kenapa ? kita harus ikut pakem ini, pakem itu, begini haram, itu halal dan apakah madzhab yang kita pegang itu yakin benar ???

Jadi…..BERAGAMALAH DENGAN CERDAS !!!

Wallahu’ alam

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s