CORATCORETCARUT · Mengenai Saya

“TAROMBO “ DALAM ADAT BATAK

Kita ngomongin mengenai BATAK nih…

Tarombo Batak atau  bisa dikatakan ”Partuturan” merupakan silsilah garis keturunan secara patrilineal dalam bangsa Batak. Sedangkan Patrilineal adalah suatu adat masyarakat yang mengatur alur keturunan berasal dari pihak ayah.

Bendera_Sisingamangaraja_XII

Dalam bangsa Batak, mengetahui Tarombo-nya adalah menjadi kewajiban untuk mengetahui silsilahnya agar mengetahui letak hubungan kekerabatan terkhusus dalam falsafah Dalihan Natolu.

full_9972471125b664807a25d15041be1d56378ff839

Sedangkan Dalihan Natolu adalah wawasan sosial-kultura yang menyangkut bangsa dan budaya Batak. Didalam Dalihan Natolu juga mengurai hubungan-hubungan kerabat sedarah dan hubungan perkawinan yang mempertalikan satu kelompok.

Secara sederhana Tarombo Batak bisa diartikan asal muasal keturunan dari bangsa Batak (marga) yang diwariskan kepada orang Batak secara turun-temurun. Tarombo Batak bisa diurai secara umum, yaitu uraian silsilah bangsa Batak secara umum yang dimulai dari Raja Batak hingga hubungannya kedalam turunan marga-marga. Di mulai dari Raja Batak -à turun kepada 2 putranya: Tuan Doli dan Raja Isumbaon, kemudian turun kepada anak-anak Tuan Doli dan Raja Isumbaon dan seterusnya hingga ke marga-marga lain: Sinaga, Situmorang, Pandiangan, Nainggolan, Simatupang, Aritonang dan Siregar, dan seterusnya, dan seterusnya.

ztaromboAtau Tarombo Batak yang hanya mengurai keturunan Situmorang saja, atau Simbolon saja, atau Siregar saja yang tujuannya sangat baik untuk mengetahui sejarah setiap marga yang ada di bangsa Batak. Terlebih untuk anak-anak Batak yang ingin mengetahui siapa dia dan siapa teman, atau orang2 disekitarnya.

Bagi orang Batak Tarombo dan silsilah merupakan sesuatu yang sangat penting, terutama untuk mereka bersosialisasi serta memaknai marga itu sendiri dan bukan sekedar tempelan akhir sebuah nama atau keturunan.

Dari Tarombo itu jugalah bisa mengetahui status, letak hubungan kekerabatan, tutur dalam antar keluarga batak, antar marga Batak. Misalnya apa panggilan/tutur dari saudara laki-laki ibu kita (paman) atau panggilan orang tua dari ibu/ayah kita, atau panggilan dari adik ayah kita, dan seterusnya.

Biasanya orang Batak akan mengetahui status orang tersebut dari panggilannya. Amangboru biasanya merupakan panggilan suami dari adik perempuan ayah kita (suami Bu Lik), bisa juga panggilan istri kita terhadap ayah kandung kita. Dan masih banyak lagi arti status panggilan/tutur dalam bangsa Batak.Silsilah Batak (2)

Sedikit istilah-istilah yang adala pada bangsa Batak:

  • Mar Pariban
  • Boru
  • Amangtua
  • Mar Ito
  • Tulang
  • Mar Uda
  • Dll

Ribet ??? Kalau dipelajari ya tidak ribet…Itulah Bangsa Batak.

Ini Tarombo Amin Siregar:

silsilah-raja-siregar

–oOo–

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s