CORATCORETCARUT

BUNDA TERESA, Surga Untukmu…

mother-teresa

Agnes Gonxha Bojaxhiu, itu adalah nama yang diberikan kepada Bunda Teresa yang terlahir di Üsküb, Macedonia, 26 Agustus 1910 dan meninggal di Kalkuta, India, 5 September 1997. Seorang Biarawati yang mengabdi untuk kemanusiaan dan melayani kaum miskin hampir 48 tahun. Perjuangan tanpa pamrih yang semata-mata untuk membebaskan manusia dari kemiskinan.

Bunda Teresa, sosok yang kudus bagi saudara-saudara beragama Kristiani, dinobatkan sebagai Santa (04/09/2016). Pengabdiannya untuk kemiskinan tidak hanya dirasakan bagi umat kristiani, namun kepada umat Budha, Hindu maupun Muslim.

Seharusnya para Kristenphobia harus belajar banyak kepada Bunda Teresa, bahwa beliau dengan pengabdiannya tanpa satu kalipun mengajak mereka (umat Budha, Hindu, Islam) yang dibantu diajak menjadi Kristen. Pengabdiannya benar-benar tulus demi kemanusiaan.

Satu kisah seorang pejabat India memberikan bantuan kepada Bunda Teresa sebuah kuil yang diubah menjadi rumah sakit gratis untuk kaum miskin. Masyarakat miskin menerima bantuan medis gratis tanpa melihat agama mereka bahkan mereka yang meninggal akan dimuliakan menurut keyakinan mereka masing-masing. Bagi yang Muslim dibacakan Alquran, bagi yang Hindu akan menerima air dari Sungai Gangga, dan yang Katolik menerima Ritus Terakhir.

Dengan-Arafat

Tuhanmu akan memberi surga terindah untuk mu. Surga ? What…!!!! Ya surga yang akan Bunda Teresa dapatkan dari Tuhannya, kenapa ?

Saya tidak pernah mencoba-coba untuk “Belajar Jadi Tuhan”, langsung menempatkan Bunda Teresa didalam neraka. Selama ini Tuhan saya adalah “Tuhan Yang Adil”, Tuhan yang berhak menentukan manusia atau seseorang itu masuk surga atau neraka. Allah Yang Maha Adil yang tiada satu manusiapun sanggup mengurai keadilan-Nya.

Terdapat ayat dalam Alquran yang sering dijadikan dalil para penganut “Islam Tekstual” untuk memvonis non muslim yang baikpun akan masuk neraka;

“Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia mengampuni segala dosa yang selain dari (syirik) itu, bagi siapa yang dikehendaki-Nya. Barangsiapa yang mempersekutukan Allah, maka sungguh ia telah berbuat dosa yang besar” (Terjemah QS. An Nisa: 48)

Syirik adalah menyekutukan Allah dengan lainnya, merupakan dosa besar dalam Islam. Termasuk didalamnya adalah agama lain yang memiliki tuhan selain Allah.

Saya tidak menentang apa yang tertulis dalam Alquran, namun saya tidak setuju jika ada yang belajar jadi tuhan dan langsung menempatkan seseorang ke neraka. Dalam QS Ali Imran ayat 19;

“Sesungguhnya agama (yang diridhai) disisi Allah hanyalah Islam”

Kemudian dalam ayat lain dan masih dalam QS Ali Imran:

“ Barang siapa yang mencari agama selain dari agama Islam, maka sekali-kali tidaklah akan diterima (agama tersebut) dan dia di akhirat termasuk orang-orang yang rugi”, QS Ali Imran ayat 85.

018295800_1472895674-teresa3

Itu jelas dan tidak terbantahkan dan saya meyakini apa yang menjadi Firman Allah.

Namun saya yakin surga bukanlah monopoli orang Islam saja, keyakinan saya didasari sifat Tuhan yang saya sembah bahwa Tuhan Maha Pengasih dan Penyayang, Tuhan Maha Adil yang Seadil-adilNya. Saking MAHA-nya Tuhan, maka manusia tidak akan mampu memberikan uraian kasih dan sayangnya Tuhan, betapa adilnya Tuhan. Menurut manusia adil, belum tentu akan adil menurut Tuhan.

Maksud saya, janganlah manusia langsung memberikan “tiket” surga atau neraka kepada seseorang, karena menurut Tuhannya saya bahwa Dialah (Allah) hakim yang seadil-adilnya untuk menghakimi ciptaan-Nya.

Saya sangat kagum dengan perjuangan Bunda Teresa yang membaktikan hidupnya demi kemanusiaan, ketimbang ulama-lama, kiai-kiai yang hanya bisa berkoar-koar menjual ayat.

Surgalah Untukmu Bunda Teresa dari Tuhanmu….

…siap-siap di cap LIBERAL

kata-mutiara-gus-dur-04

Wallahu alam,

–oOo–

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s