AGAMA

IBU BAGI AYAHNYA

masummen0011

 

Pada suatu hari, ‘Aisyah ra bertanya kepada RasulAllah saw tentang  mengapa kecintaan beliau sangat besar kepada Fatimah as.

RasulAllah saw menegaskan kepada ‘Aisyah, “Wahai ‘Aisyah, jika engkau tahu apa yang aku ketahui tentang Fatimah, niscaya engkau akan mencintainya sebagaimana aku mencintainya. Fatimah merupakan darah dagingku. Ia tumpah darahku. Barang siapa yang membencinya, maka ia telah membenciku, dan barang siapa membahagiakannya, maka ia telah membahagiakanku.”

Sayyidah Fatimah Az-Zahra’ as menyerupai ayahnya Rasul Muhammad saw dari sisi rupa dan akhlaknya.

famous-personalities-fatimah-azzahra-8-638

Ummu Salamah ra, istri Rasulullah, menyatakan bahwa Sayyidah Fatimah as adalah orang yang paling mirip dengan Rasulullah. Bahkan juga ‘Aisyah menyatakan bahwa Sayyidah Fatimah as adalah orang yang paling mirip dengan Rasulullah dalam ucapan dan pikirannya.

Sayyidah Fatimah as mencintai ayahandanya melebihi cintanya kepada siapa pun.

Ketika masih berusia enam tahun, setelah ibundanya, Khadijah as wafat, beliaulah yang merawat ayahnya. Beliau senantiasa berusaha untuk menggantikan peranan ibundanya bagi ayahnya itu.

Pada usianya yang masih belia itu, Sayyidah Fatimah as menyertai ayahnya dalam berbagai cobaan dan ujian yang dilancarkan oleh orang-orang musyrikin Makkah terhadapnya. Dialah yang membalut luka-luka sang ayah, dan yang membersihkan kotoran-kotoran yang dilemparkan oleh orang-orang Quraisy ke arah ayahanda tercinta.

Sayyidah Fatimah as senantiasa mengajak bicara sang ayah dengan kata-kata dan obrolan yang dapat menggembirakan dan menyenangkan hatinya. Untuk itu, RasulAllah saw memanggilnya dengan julukan Ummu Abiha, yaitu ibu bagi ayahnya, karena kasih sayangnya yang sedemikian tercurah kepada ayahandanya.

 

Allahumma shalli ala Muhammad wa ali Muhammad wa ajjil Farajahum…

–oOo–

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s