CORATCORETCARUT · ESAI

CABE-CABEANNYA ISLAM

Pemahaman “kaum” gagal paham yang mengatasnamakan Islam adalah cabe-cabeannya Islam, kenapa ?

Masih terlalu dangkal ilmunya bagai seusia cabe dalam memahami agama sudah merasa hebat atau pandai. Padahal dalam memaknai atau memahami agama tidak cukup 10 atau 20 tahun belajar, tapi seumur hidup !!!

ketua-gerakan-nasional-pengawal-fatwa-majelis-ulama-indonesia-_161105173143-984

Lihatlah tokoh-tokoh yang mengaku ulama yang diusung “kaum” gagal paham. Paling-paling baru 10-15 tahun mendalami agama. Khazanah keilmuannya pun masih dipertanyakan, pernah “mondok” dimana atau siapa gurunya.

Jika dibandingkan dengan ulama-ulama kaliber seperti Gus Mus, Quraish Shihab, Habib Luthfi dan lainnya, khazanah keilmuan dan keilmiahannya sudah teruji. Kedalaman ilmunya tercermin dari perilakunya yang tidak meledak-ledak, tenang, santun dan menyejukkan.

buya_gusmus4_perilaku

Memang sampaikanlah walau satu ayat, dalam pemahaman saya setiap ayat dalam Al-Quran tidaklah berdiri sendiri, namun masih ada ayat lain yang menjelaskan ayat-ayat lainnya.

Para “kaum” gagal paham memahami agama hanya pemahaman literalis, padahal di balik hal-hal literal itu ada realitas yang sangat luas, bahkan tanpa batas.

ok-2706502_20131226021410

Islam tidaklah dipahami hanya sebagai himpunan doktrin yang harus diimani atau suatu “set” perintah-larangan yang harus ditaati agar urusan dunia menjadi rapih. Kemudian urusan akherat dapat terpenuhi dengan janji-janji mendapatkan bidadari-bidadari yang sexy. Islam mengajarkan kita untuk kembali ke al-Haqq. Sebagai suatu yang memberi Rahmat !!!! Bukan menjerumuskan !!! Jihad Tidak Jelas !!!

 

–oOo–

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s