CORATCORETCARUT · ESAI

YA ALLAH !!! KAMI MAKHLUK BERAKAL

Sering dijumpai dalam AlQuran “Afala Ya’kilun, Afala Yatafakkarun” (Apakah kalian tak berakal, apakah kalian tak berpikir), disitulah kembali dalam Islam sangat menekankan rasionalitas dalam memahami agama. Artinya Islam mengajarkan dan menuntut untuk memahami agama dengan akal sehat dan bukan dengan doktrin.

Jika dilihat sekarang ini keadaan umat sangat memprihatinkan. Umat selalu di doktrin oleh ulama-ulama yang ingin pemahamannya dianggap paling benar. Adanya doktrin ini tentunya menghambat terbangunnya perluasan pola pikir umat, artinya umat memiliki kecenderungan “menelan” bulat-bulat perkataan ulamanya. Seharusnya jika pola pikir umat terbangun maka diharapkan akan ada pembentukan karakter umat yang kuat & cerdas.

Sekarang 2017, umat harus bisa mengambil sikap dari semua yang telah terlewati 1 tahun di 2016. Mau dibawa kemana keber-agamaan ini. Apakah umat masih mau atau suka di kotak-kotakkan ? ataukah umat mau menjadi umat yang kuat bersatu ?

Harus diakui “pemahaman” yang sangat beragam, sangat sulit untuk disatukan hanya karena perbedaan. Andaikata umat berpikir realitasnya bahwa umat sama-sama mengakui Tiada Tuhan selain Allah, Nabi Muhammad  adalah Rasul-Nya, saya yakin kesadaran umat untuk bersatu sangat kuat. Muslim yang satu dengan Muslim lainnya adalah bersaudara.

Namun rasa “kebenaran” hanya milik golongannyalah yang sering mengganjal untuk bersatu. Padahal salah atau benar bukan kaum tersebut yang menentukan, itu Hal Allah. Yakin dengan mazhab yang dipilih hanya tinggal menjalankan ke Islamannya tanpa mencampuri mazhab yang lain.

Bukan eranya kita hanya terus menerus menelan doktrin atau bertaqlid tanpa ilmu.

Kita harus merubah pola pikir dan cara pandang, jadika Islam itu agama yang mulia dan bukan agama barbar. Mulailah dari diri sendiri, kemudian keluarga dan seterusnya. Harapannya umat mulai ada kesadaran bersatu dengan suatu penghargaan saling menghormati.

Ya Allah, kita makhluk berakal dan berpikir kok….

 

–oOo–

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s