BERITA · ESAI

3 HAL INI DILAKUKAN PEREMPUAN BATAK JIKA DIPAKSA KAWIN

dshsrthsgth

 

Tidak ada perkawinan yang paling ideal selain dengan orang yang kita cintai. Namun faktanya, fenomena kawin paksa banyak terjadi di tengah masyarakat Indonesia dulu, tak terkecuali suku Batak.

Karena orang Batak menganut budaya patriarki, yang menjadi sasaran pemaksaan di sini adalah pihak perempuan. Mereka dipaksa kawin dengan pria yang tidak dicintainya dengan sejumlah alasan.

Namun, sebagai Boru Ni Raja, mereka biasanya tidak tinggal diam. Sejumlah hal pun dilakukan perempuan Batak sebagai bentuk perlawanan.

Berikut 3 hal yang dilakukan perempuan Batak dulu jika dipaksa kawin:

1. Kabur

Hal termudah yang biasanya dilakukan perempuan Batak dulu jika dipaksa kawin adalah melarikan diri alias kabur. Menurut Batakolog asal Belanda, JC Vergouwen (2004), mereka yang kabur setelah perkawinan disebut boru mahilolong (istri yang membubarkan perkawinannya). Karena istri yang baru dikawininya kabur, si pria biasanya langsung menceraikan si perempuan dan menuntut sebesar mungkin kepada pihak parboru (keluarga pihak perempuan). Tuntutan ini karena pihak paranak (laki-laki) sudah memberi tuhor (mas kawin) kepada parboru.

kabur-rumah-140220b

2. Muslihat Malam Pertama

Jika tidak berani atau terlalu malu untuk kabur, peremuan Batak dulu biasanya melakukan tipu muslihat di malam pertama. Menurut Batakolog asal Belanda, JC Vergouwen (2004), perempuan ini akan bersikap masa bodo dan pasif terhadap suaminya pada malam pertama, sehingga suaminya yang belum berpengalaman itu akan tampak sebagai orang yang impoten. Isu ‘impoten’ ini yang kemudian disebarluaskan si perempuan dan dijadikan alasan untuk perlahan-lahan meninggalkan suaminya serta lingkungan keluarga pihak laki-laki yang tidak disukainya.

impotennn

3. Bunuh Diri

Cara terburuk yang dilakukan perempuan Batak untuk mengindari kawin paksa adalah dengan bunuh diri. JC Vergouwen, ahli Belanda yang meneliti budaya Batak Toba pada 1930-an mencatat, setiap tahun selalu ada saja cerita tentang perempuan yang bunuh diri karena kawin paksa. Cerita tentang perempuan Batak yang bunuh diri karena kawin paksa ini juga mengisi banyak mitos di Tano Batak, misalnya Batu Gantung di Parapat.

seram-10-musisi-ini-tewas-bunuh-diri-part-1-165336-1

 

By Coky Simanjuntak

Tulisan ini bukan untuk dijadikan inspirasi, namun untuk sekedar tahu jeeeeee….

 

sumber: http://batakgaul.com/jodoh-batak/3-hal-ini-dilakukan-perempuan-batak-jika-dipaksa-kawin-938-2.html

 

–oOo–

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s