CORATCORETCARUT · ESAI

HALAL ATAU HARAMNYA BERMUSIK

music

Mendapat pesan inbox di FB saya video seorang ustad yang membicarakan haramnya musik dalam Islam. Jujur saja, tidak saya tonton.

Saya tidak mau berdebat mengenai Halal atau Haramnya bermusik dalam Islam karena bukan kapasitasnya saya. Namun Islam yang saya pelajari Islam itu Rahmatan Lil Alamin. Rahmat bagi semua alam, alam yang berisi manusia. Manusia yang memiliki segala sifat dan perilaku yang diatur dalam norma agama.

Aturan ber-Islam saya bahwa agama tidak hanya tekstual saja namun termasuk dalam aktualitas. Bahwa aktualitas kehidupan manusia tidak akan terlepas dari MUSIK.

Tidak ada masalah bagi saya jika dikatakan bahwa saya liberal atau apapun atau beragama seenaknya saja. Yang penting, saya tidak memberhalakan musik atau menyekutukan Allah dengan musik. Keimanan saya tidak akan bergeser karena hal musik dan Allah-lah yang memiliki kuasa atas iman seseorang.

Banyak dalil ulama yg mengharamkan musik, tapi tidak sedikit ulama yang meragukan dalil tersebut dengan melihat sebab musabab turunnya ayat atau hadis haramnya musik. INGAT, asbabun nujum-nya. Kemudian dari keshahihannya dan istidlalnya.

Menurut al-Ghazali, baik al-Quran maupun al-Hadits, tidak satupun yang secara vulgar menghukumi musik. Memang, ada sebuah hadis yang menyebutkan larangan menggunakan alat musik tertentu, semisal seruling dan gitar.

Dan investigasi Imam Al-Ghazali menyebutkan, larangan tersebut tidak ditunjukkan pada alat musiknya (seruling atau gitar), melainkan disebabkan karena “sesuatu yang lain” (amrun kharij). Di awal-awal Islam, kedua alat musik tersebut lebih dekat dimainkan di tempat-tempat maksiat, sebagai musik pengiring pesta minuman keras. KARENA DIMAINKAN DI TEMPAT2 MAKSIAT.

Makanya, saya meyakini bahwa Islam yang saya anut bukanlah Islam yang kaku. Jika kaku maka bukanlah Rahmat bagi penikmat musik (Liberal banget !!! Tuhan tahu iman saya !!!)

Kembali lagi ke atas, saya tidak menyekutukan Allah lewat musik !!!

Beragamalah dengan cerdas, tidak taklid buta, stigmasasi bodoh atau doktrin ketololan and so….Jangan Menuhankan Agama !!!

PEACE !!!
KEEP ROCKIN’ !!!

 

–oOo–

Leave a Reply

